Tim Terbaik Tidak Selalu Menjadi Pemenang

“Tim Terbaik Tidak Selalu Menjadi Pemenang,” itulah kata-kata yang diucapkan Zlatan Ibrahimovic saat timnya, AC Milan, disingkirkan Tottenham Hotspur pada babak 16 besar Liga Champions Eropa. Bisa jadi ini adalah ungkapan kekecewaan dirinya yang timnya harus tersingkir padahal timnya sudah menampilkan permainan yang terbaik. Bahkan pelatih AC Milan sendiri menyebut bahwa penampilan Milan saat disingkirkan Spurs adalah salah satu penampilan terbaik musim ini.

Itulah permainan sepakbola yang selalu menampilkan misteri-misteri yang kadang sulit diterima oleh akal sehat. Dari satu kenyataan inilah, melalui tulisan ini, penulis mencoba menyingkap sedikit dari sisi lain dari sepakbola.


****

Tidak dapat dipungkiri bahwa sepak bola merupakan olah raga yang paling digemari di seluruh dunia. Baik tua maupun muda, anak-anak, remaja, dan orang dewasa sangat menggemari sepak bola. Tidak terkecuali kaum hawa, banyak juga yang menyenangi sepak bola.

Pembicaraan tentang sepak bola seakan tidak ada habisnya. Orang akan betah berbicara tentang sepak bola seharian penuh karena banyak hal yang bisa dibahas dari sepak bola. Peluang sebuah tim menjadi juara, pemain bola yang menjadi favorit, adalah tema yang bisa dibahas selama berjam-jam.

Buat orang yang memahami hakikat dari permainan sepak bola, hasil akhir dari pertandingan atau apakah tim kesayangannya memenangkan pertandingan bukanlah segalanya. Jalannya pertandingan, taktik dan strategi yang digunakan oleh setiap tim, atau bagaimana setiap tim mampu memanfaatkan peluang adalah hal-hal yang lebih penting untuk disimak dan diamati.

Mereka akan mampu menilai pertandingan secara objektif terlepas dari siapapun yang memenangkan pertandingan. Ada banyak hal yang bisa ditangkap maknanya dari sebuah pertandingan sepak bola dibanding hanya sekedar mendapatkan hasil akhir belaka.

Sekali lagi saya mengatakan hasil akhir terkadang tidaklah mencerminkan proses yang terjadi selama pertandingan. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil akhir, yang membuat tim terbaik tidak dapat keluar sebagai pemenang. Kita akan kecewa jika tim yang kita dukung tidak dapat menang. Namun, kita seharusnya lebih kecewa jika tim yang bermain lebih baik tidak bisa memenangkan pertandingan. Banyak orang mengatakan bahwa bola itu bundar, apapun dapat terjadi.

Orang pun boleh berpendapat bahwa sebuah tim yang menjadi juara belum tentu merupakan tim terbaik. Perlu parameter lain dalam menilai keberhasilan sebuah tim atau klub sepak bola. jadi, wajar jika banyak orang sangat fanatik dan menjadi fans berat sebuah klub meskipun klub tersebut tidak menjadi juara.

Sebagai contoh, belakangan ini telah dirilis klub-klub mana yang untung dan rugi. Di sana tercatat bahwa arsenal adalah klub yang paling banyak mengeruk untung sampai dengan pertengahan tahun 2009. Parameter yang diambil di sini bisa jadi dari sisi komersial, yaitu perbandingan antara pendapatan selama periode tersebut dengan pengeluarannya. Klub yang untung berarti pendapatannya lebih besar daripada pengeluarannya.

arsenal menjadi klub yang untung bisa jadi karena pendapatannya besar. Wajar saja karena stadion baru memiliki daya tampung yang besar. Tentu pendapatan dari penjualan tiket menjadi besar juga. Selain itu dari sisi pengeluaran, arsenal juga terbilang sangat efisien. Pembelian dilakukan terhadap pemain muda berbakat yang akan melalui tahap pembinaan. Arsenal juga hanya membeli pemain yang bagus dengan harga yang sesuai. Namun demikian, dengan kondisi pemain seperti ini, arsenal tetap mampu tampil konsisten dan selalu mengisi empat besar klasemen liga inggris.

Secara permainan, Arsenal juga memiliki ciri khas yang membuat orang ingin selalu menonton setiap pertandingannya. Permainan menyerang yang cantik dan dinamis selalu mengiringi setiap pertandingan yang dijalani. Meskipun permainan cantik ini tidak selalu berujung pada sebuah kemenangan, tetapi ini sudah menjadi hiburan tersendiri bagi penonton yang tidak hanya sekedar melihat hasil akhir saja. Permainan menyerang yang dinamis membuat setiap pemain dari setiap lini punya peluang yang sama untuk mencetak gol. Dan, ini terbukti dengan statistik yang menunjukkan bahwa pencetak gol Arsenal tidak hanya oleh penyerang saja melainkan juga dihasilkan oleh pemain belakang.

Perpaduan faktor teknis dengan nonteknis sangat mempengaruhi performa dan kinerja sebuah klub. klub arsenal telah berhasil memadukan kedua faktor ini. Menjadi klub yang berhasil memperoleh keuntungan terbesar sekaligus mampu menjadi tim yang memiliki permainan yang menghibur di lapangan. Dengan permainan yang menarik, penonton tidak akan ragu untuk selalu datang ke stadion. Ini berarti pendapatan dari tiket menjadi lebih besar, dan begitu seterusnya. Siklus inilah yang menghidupi sebuah klub sehingga klub tersebut dapat tetap eksis dan berusaha meraih setiap peluang. walau bagaimana pun sebuah gelar juara merupakan tujuan akhir dari setiap kompetisi.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s