Kereta Api, Moda Transportasi Alternatif

Pemandangan di stasiun kereta pada pagi hari saat penumpang berusaha naik ke kereta api

Salah satu moda transportasi yang banyak dipilih oleh konsumen di jabodetabek adalah moda kereta api listrik (KRL). Banyak orang yang memilih moda transportasi kereta api dengan berbagai macam alasan. Tarif yang murah dan waktu tempuh yang cepat bisa jadi merupakan alasan utama dalam memilih kereta api ini. Di pagi hari saat perlu waktu yang cepat untuk sampai ke tempat kerja, memilih transportasi yang cepat tentu merupakan pilihan yang tepat. Apalagi, ditambah dengan tarif yang terjangkau, tentu akan menguatkan alasan untuk menggunakan kereta api.

Namun, tarif murah dan waktu tempuh yang cepat dari moda transportasi kereta api tidak dibarengi dengan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna. Ini terutama ditujukan bagi pengguna kereta api kelas ekonomi. Perlu diketahui juga bahwa kereta api bisa dibagi menjadi dua kelas: kelas ekonomi dan commuter line. Kereta api kelas ekonomi mematok tarif yang sangat terjangkau. Sebagai contoh, tarif kereta api kelas ekonomi tujuan Jakarta Kota dari Depok hanya Rp.1.500,00 saja. Tentu ini sangat murah. Tarif murah ini tentu sesuai dengan keadaannya yang sangat sederhana. Selain  kelas ekonomi, tersedia pula kereta api commuter line. Commuter line menampilkan kereta api yang lebih bagus dan ber-AC. Tarifnya tentu lebih tinggi dari kelas ekonomi, untuk tujuan Jakarta kota dari Depok konsumen harus merogoh kocek Rp.6.000,00.

Suasana di stasiun saat penumpang berusaha naik kereta ekonomi di pagi hari

Hal yang perlu mendapat perhatian untuk kereta ekonomi adalah faktor keamanan. Sudah menjadi pemandangan yang biasa bahwa setiap pagi di hari kerja, kereta api ekonomi terlihat sangat berjubel dan penuh sesak dengan penumpang. Hal ini terutama bagi KRL ekonomi yang menuju ke arah jakarta dimana para pekerja yang tinggal di daerah pinggir (bogor, depok, bekasi, tangerang) berangkat ke tempat kerja di jakarta. Bahkan, banyak penumpang yang memilih naik ke atap kereta karena sudah sangat sulit masuk ke dalam kereta. Penumpang yang naik ke atap kereta ini tentu sangat berisiko. Tapi, bisa jadi mereka tidak punya pilihan lain. Mungkin mereka sedang memburu waktu untuk sampai ke tujuannya dengan cepat. Ini salah satu aspek keamanan yang perlu mendapat perhatian. Dengan penumpang yang penuh sesak tentu saja kenyamanan menjadi harga mahal yang ga bakal diperoleh juga. Bagi mereka yang penting bisa sampai tepat waktu ke tempat tujuan.

Penumpang berebut naik ke kereta yang sudah penuh

Penumpang yang berebut naik ke kereta yang sudah penuh bisa jadi merupakan pemandangan yang sudah biasa di pagi hari.  Para penumpang ini mungkin tidak punya pilihan lain, di saat moda transportasi lain seperti bus kota atau angkot tidak bisa memenuhi harapan mereka. Kondisi jalan yang macet juga menjadi salah satu masalah lain. Tuntutan untuk sampai tepat waktu menjadi alasan kuat untuk tetap menggunakan kereta api meski dengan kondisi yang sangat terbatas.

commuter line yang baru masuk ke stasiun

Sebagai alternatif lain, konsumen kereta api bisa memilih commuter line. Commuter line memang mematok tarif lebih tinggi, tapi menyediakan fasilitas yang lumayan lebih baik dibanding kelas ekonomi. Dengan kereta yang lebih bagus dan ber-AC serta pintu yang tertutup, bisa memberikan layanan sedikit lebih baik daripada kelas ekonomi. Di pagi hari dimana intensitas penumpang yang besar, commuter line masih belum terasa lebih karena memang tetap dipenuhi oleh penumpang. Dalam hal mengurangi kepadatan penumpang, memang perlu manajemen yang tepat. Penambahan jadwal kereta bisa jadi menjadi salah satu solusi tapi hal ini juga memunculkan masalah lain. Dengan jadwal kereta yang lebih banyak tentu menambah waktu penutupan perlintasan kereta api di beberapa jalan dan ini bisa menimbulkan titik kemacetan.

commuter line dengan kereta yang lebih bagus dari kereta ekonomi

Faktor keberuntungan juga kadang muncul saat naik kereta. Saat beruntung, kita bisa mendapat kereta api yang tidak terlalu penuh di pagi hari. Mendapat kereta yang agak renggang memang bisa menjadi satu keberuntungan karena kereta yang biasanya selalu penuh sesak di pagi hari. Bagi pengguna kereta, bisa naik dan berdiri di dalam kereta tanpa perlu berdesak-desakan bisa jadi menjadi salah satu berkah tersendiri. Apalagi bisa mendapat duduk, yang sangat sulit untuk diperoleh.

suasana di dalam commuter line yang agak renggang

Kalau suasana tidak renggang tentu penulis tidak bisa mengambil gambar-gambar ini, bukan? hehe …

Iklan di dalam commuter line

Commuter line bisa menjadi salah satu alternatif transportasi yang menawarkan ketepatan waktu dan bisa menghindari kemacetan di jalan raya. Namun, tetap diperlukan manajemen dan jadwal pemberangkatan yang lebih baik terutama di pagi hari di saat banyak orang menggunakan kereta untuk sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan aman.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s