Anomali

Anomali …

Ngga tau kenapa tiba-tiba kata ini muncul dan memenuhi pikiran gw kemarin. Entah darimana pemicunya, tiba-tiba segala sesuatu yang berkaitan dengan istilah anomali muncul di pikiran gw secara spontan. Istilah anomali sendiri merupakan istilah fisika untuk menyatakan suatu penyimpangan kecil dari hukum atau teori yang berlaku. Istilah anomali ini selanjutnya juga digunakan dalam bidang lain tidak terbatas dalam fisika saja.

Mungkin kita sering mendengar di TV tentang terjadinya anomali cuaca yang menggambarkan sebuah keadaan cuaca yang ekstrim dan tidak lazim terjadi. Misalnya terjadinya hujan yang sangat lebat di musim kemarau, ini bisa juga merujuk kepada anomali cuaca tersebut.

Secara khusus, anomali sendiri diawali dari sifat unik air. Air selalu memiliki massa jenis yang kecil pada suhu 4 derajat celsius, padahal seharusnya semakin naik suhunya massa jenis akan semakin besar. sifat unik air ini dikenal dengan anomali air. Selanjutnya, istilah anomali menjadi istilah umum untuk menggambarkan penyimpangan dari hukum yang berlaku.

Anomali bisa juga dijadikan alasan atas beberapa kejadian langka yang belakangan ini muncul dan menjadi berita. Berita tentang ular yang memiliki kepala mirip manusia, kambing yang berkaki lima atau bahkan tiga, binatang bermata satu atau tiga, semua kejadian ini sangat tidak lumrah dan seolah-olah bertentangan dengan hukum alam yang berlaku. Anomali bisa jadi alasan yang ilmiah dan masuk akal ketimbang alasan yang mistis dan bersifat klenik. Tentu akan sangat tidak masuk akal ketika menghubungkan ular yang berkepala mirip manusia sebagai siluman atau penjelmaan manusia yang berwujud ular. Anomali atau penyimpangan ini menjadi alasan yang paling logis.

Anomali bisa menjadi bukti bahwa alam tidak selalu berjalan atau berperilaku tetap dan konstan sebagaimana yang dirumuskan dalam hukum alam. Terkadang ada kejadian yang sedikit menyimpang dari hukum alam itu. Kejadian ini bisa jadi memiliki probabilitas atau kemungkinan yang sangat kecil, misalnya 1 kejadian menyimpang dibanding sejuta kejadian yang lazim. satu kejadian kecil yang menyimpang ini tentu tidak akan membatalkan keuniversalan hukum yang ada yang memang sudah tepat menggambarkan banyak kejadian alam yang lain. Jadi, anomali memang merupakan satu sifat alam yang akan melekat dan tidak membatalkan hukum yang ada.

Dari anomali ini juga terkadang akan muncul teori baru yang lebih umum. Inilah yang dilakukan Einstein dalam merumuskan teori relativitasnya.

Anomali ini juga menunjukkan bahwa ada kejadian alam yang unik yang hanya berlaku untuk kejadian tertentu saja. Bahwa hukum alam ternyata tidak berlaku untuk beberapa kejadian-kejadian unik dan tertentu. Ada berlaku hukum alam lain untuk menggambarkan kejadian unik ini tanpa harus membatalkan hukum alam yang sudah ada dan sudah establish. Inilah yang terjadi pada Hukum Newton yang perlu dilengkapi oleh teori relativitas Einstein untuk kecepatan mendekati kecepatan cahaya.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s