Jadi ada yang lebih cepat dari cahaya?

Temuan tim riset OPERA yang mengatakan telah mendapatkan partikel neutrino yang lebih cepat dari cahaya menjadi perbincangan hangat di kalangan ahli fisika dewasa ini.

Temuan faster-than-light neutrino sempat menimbulkan kehebohan dalam dunia fisika internasional. Temuan ini dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia secara maya hanya beberapa jam saja setelah dipublikasikan di media. Di era teknologi informasi seperti sekarang informasi memang bisa tersebar dengan cepat melalui berbagai media yang ada seperti situs majalah online dan social media seperti twitter.

Temuan ini tentu merupakan sebuah fenomena yang luar biasa karena hasil yang diperoleh sangat bertolak belakang dengan hukum fisika yang saat ini diyakini validitasnya. Teramatinya partikel yang mampu bergerak melebihi kecepatan cahaya tentu sangat bertentangan dengan teori relativitas Einstein yang saat ini diyakini kebenarannya dan sudah terbukti mampu menjelaskan beberapa fenomena fisika.

Berdasarkan postulat dalam teori relativitas Einstein, tidak ada (tidak diperbolehkan) sesuatu yang bergerak melebihi kecepatan cahaya. Ini memang baru berupa postulat, tapi sudah diyakini dan terbukti mampu menjelaskan beberapa fenomena fisika yang ada. Tentu saja menjadi agak janggal saat ada hasil percobaan yang mengamati adanya benda atau partikel yang bisa bergerak melampaui kecepatan cahaya. Pembuktian lebih lanjut memang masih perlu dilakukan untuk benar-benar menerima hasil eksperimen ini. Tapi, tetap saja eksperimen yang menunjukkan adanya partikel yang mampu melewati kecepatan cahaya perlu mendapat perhatian. Pertanyaan pun mengemuka, benarkah ada benda yang mampu bergerak melebihi kecepatan cahaya?

Kecepatan cahaya selama ini memang diyakini sebagai kecepatan paling besar yang bisa dicapai di alam semesta ini. Tentu ini bukan tanpa alasan. Cahaya secara teori kuantum dapat dipandang sebagai partikel yang tidak bermassa yang disebut foton. Sangat wajar jika partikel cahaya atau foton ini memiliki kecepatan yang paling cepat karena tidak memiliki massa. Partikel lain dengan massa paling kecil pun tentu tidak akan bisa bergerak lebih dari cahaya yang tidak bermassa. Ini salah satu alasan itu.

Ketika diamati adanya partikel yang lebih cepat dari cahaya, tentu ada dua kemungkinan. Pertama, bahwa sebenarnya hasil tersebut tidak akurat yang berarti hasil pengamatan yang kurang tepat. Bahwa sebenarnya tidak benar bahwa telah teramati adanya partikel yang lebih cepat dari cahaya. Disini diperlukan eksperimen yang lebih bervariasi yang bisa mencakup seluruh pengamatan yang diperlukan sehingga bisa memperoleh hasil yang lebih akurat.

Kedua, boleh jadi hasil pengamatannya sudah akurat dan benar-benar teramati kejadian partikel yang lebih cepat dari cahaya. Tentu semua mesti menerima hasil ini dan bahwa ada kejadian khusus dan unik dari hasil pengamatan ini. Inilah yang bisa disebut anomali. Bahwa ada kondisi khusus dan unik yang menyimpang dari hukum alam yang diyakini berlaku.

Penjelasan lebih lanjut dan bahkan teori baru mungkin diperlukan untuk menjelaskan anomali ini. Bisa jadi ini adalah salah satu proses perkembangan ilmu pengetahuan. Satu kejadian yang unik bisa memicu terbentuknya teori baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Dengan proses seperti inilah ilmu pengetahuan akan tetap dan selalu berkembang untuk berusaha memahami lebih jauh perilaku alam semesta.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

3 thoughts on “Jadi ada yang lebih cepat dari cahaya?”

  1. kok yang dibahas malah kecepatan cahaya itu sendiri, terus Partikel yg melebihi itu gimana? alur penelitiannya gimana? bentuknya seperti apa dan penjelasan rincinya gimana? Gaya penulisan anda kalo orang jerman bilang itu MBULETi…!

    1. terima kasih atas saran dan kritiknya

      ini justru menginspirasi saya untuk membuat satu postingan lagi … tunggu ya saya akan jelaskan di postingan berikutnya.

      sekali lagi terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s