Masih tentang Anomali

Jembatan Kukar saat masih kokoh (sumber: imageshack.us)

Ini masih tentang anomali …

*jadi keranjingan ngomong tentang anomali karena memang sangat banyak kejadian yang berkaitan dengan anomali ini*

Kejadian yang baru-baru ini agak sedikit menghebohkan adalah runtuhnya jembatan di Tenggarong sepanjang 1 km, jembatan yang menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Kalimantan yang diklaim mirip dengan ‘golden gate’ di San Fransisco di Amrik yang sangat terkenal itu. Jembatan yang terbilang masih baru karena baru berusia sekitar 10 tahunan saja namun tampaknya sangat rapuh dan mudah sekali hancur.

Jembatan yang roboh biasanya dikaitkan dengan peristiwa resonansi yang dialami jembatan itu yang meskipun sedikit dan tidak besar tapi menimbulkan efek yang sangat besar dan merusak. Saat membaca buku-buku fisika tentang bunyi dan gelombang, banyak diceritakan beberapa jembatan yang roboh akibat resonansi yang ditambah dengan angin dan sedikit kekurangan dalam konstruksinya. Adanya hembusan angin yang menduplikasi getaran internal jembatan berakibat fatal dan bisa menghancurkan konstruksi jembatan.

Asumsi awalnya, tentu perancang jembatan sudah memperhitungkan semua efek alam internal dan eksternal yang bisa mempengaruhi konstruksi jembatan. Konstruksi jembatan pun sudah dirancang sedemikian rupa untuk bisa beradaptasi dengan segala kondisi dan beban yang diterima. Segala risiko tentunya sudah dimasukkan dalam perencanaan dan desain jembatan itu.

Di sinilah mungkin anomali bisa mendapat tempatnya. Bahwa ada faktor-faktor tertentu yang walaupun kecil yang muncul dan mendapatkan tempatnya. Anomali-anomali dalam hal cuaca atau sedikit penyimpangan dari hukum alam yang berlaku yang membuat musibah ini bisa terjadi.

Bahwa mungkin saja ada faktor kelalaian manusia seperti dana yang dikorupsi sehingga mengurangi proporsi material dari yang seharusnya atau kesalahan dalam prosedur. Tapi, faktor anomali tentu bisa saja muncul dalam musibah ini. Tentu saja diperlukan penyelidikan dan kajian yang mendalam untuk menjelaskan ini.

Ini bukan analisis tapi hanya dugaan dari orang yang iseng saja … hehe

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s