[Enjoy Jakarta] Berburu Bahan Bacaan Di Jakarta

sumber: anbg.gov.au

Sebagai kota terbesar dan menyandang sebutan ibukota, Jakarta memiliki berbagai fasilitas umum yang bisa dikatakan cukup lengkap. Salah satu fasilitas umum tersebut adalah perpustakaan umum.

Perpustakaan bisa jadi merupakan salah satu tempat favorit yang bisa dijadikan tujuan untuk dikunjungi, khususnya bagi mereka yang suka sekali membaca buku. di perpustakaan kita bisa mencari buku-buku yang jarang ditemukan di toko buku, atau buku-buku lama yang mungkin sudah tidak diterbitkan lagi. Bagi pecinta buku, bisa membaca buku lama yang sudah tidak diterbitkan bisa menjadi salah satu kepuasan tersendiri. Apalagi jika pengetahuan yang terkandung dalam buku itu sangat penting. Ini tentu saja suatu pengalaman yang sangat berharga.

Buat mereka yang sedang mencari bahan untuk penelitian, perpustakaan menjadi salah satu tempat yang mesti mereka akrabi. Karena di perpustakaan itulah mereka bisa memperoleh buku-buku atau jurnal yang mereka perlukan. Tiap orang yang pernah merasakan membuat skripsi atau laporan penelitian, tentu tidak akan asing dengan perpustakaan.

Selain itu, perpustakaan bisa juga menjadi tempat untuk rileks dengan membaca bacaan-bacaan ringan seperti majalah, koran, atau komik ataupun buku cerita. Kita tidak akan kehabisan bahan bacaan yang menarik di perpustakaan.

Dari sekian banyak perpustakaan umum yang terdapat di Jakarta di samping juga perpustakaan yang terdapat di tiap kampus di Jakarta, ada beberapa perpustakaan umum yang layak untuk dikunjungi. Baik untuk keperluan mencari bahan penelitian maupun untuk sekadar mencari bahan bacaan ringan dan refreshing. Setidaknya ada tiga perpustakaan yang bisa disebutkan disini.

Perpustakaan nasional

Perpustakaan nasional bisa jadi tempat yang menarik buat para pemburu bahan bacaan di Jakarta. Perpustakaan Nasional terletak di jalan Salemba Jakarta Pusat. Sebagai perpustakaan pusat tentu saja memiliki berbagai koleksi buku yang boleh dibilang cukup lengkap.

sumber: blog.kusandriadi.com

Perpustakaan Nasional memiliki ruang baca yang cukup luas dan nyaman dengan buku-buku yang tertata secara rapi berdasarkan kategori. penataan ini memudahkan pengunjung untuk mencari buku atau bahan bacaan yang diinginkannya.

sumber: apakabardunia.com

Untuk dapat masuk dan menikmati fasilitas membaca di dalam perpustakaan, kita perlu mendaftar dulu menjadi anggota. syaratnya dengan menunjukkan kartu identitas, berupa ktp atau kartu mahasiswa atau pelajar. bagi mereka yang berniat rutin mengunjungi perpustakaan ini tentu akan banyak keuntungan menjadi anggota. karena selain bisa menggunakan ruang baca atau fasilitas lain di dalam ruangan perpustakaan, kita juga bisa meminjam buku dan dibawa pulang. peminjaman buku biasanya maksimal selama dua minggu.

Perpustakaan Diknas

Salah satu tempat membaca yang tidak kalah nyaman dengan toko buku adalah perpustakaan kementerian pendidikan nasional atau disingkat perpustakaan kemdiknas. Perpustakaan kemdiknas ini sebelumnya merupakan perpustakaan british council. melalui nota kesepahaman atau MoU tahun 2004, british council menghibahkan koleksi bukunya kepada departemen pendidikan nasional pada saat itu. sejak saat itulah perpustakaan kemdiknas ini mulai mengelola koleksi perpustakaan british council beserta manajemen dan teknologinya.

sumber: kompas.com

Perpustakaan kemdiknas ini cukup nyaman, dengan berbagai koleksi buku yang beragam. selain buku, perpustakaan kemdiknas juga memiliki koleksi digital dalam bentuk CD atau e-book yang bisa diakses melalui komputer yang telah disediakan. ruang baca yang luas dan nyaman menambah ketenangan dalam mencari dan membaca di perpustakaan ini. Tersedia pula ruang audiovisual dan ruang pemutaran film untuk menikmati koleksi CD audio dan film. Perpustakaan kemdiknas ini terletak di jalan sudirman sebelahnya Ratu Plaza dan masih satu kompleks dengan kantor kementerian pendidikan nasional.

Oiya, salah satu inovasi terbaru dari perpustakaan kemdiknas adalah dengan dibukanya cafe di dalam area perpustakaan. ini tentu saja semakin menambah kenyamanan dan kelengkapan fasilitas yang tersedia bagi pengunjung.

Perpustakaan PDII LIPI

Bagi yang kesulitan mencari sumber atau referensi jurnal penelitian ilmiah, Perpustakaan PDII LIPI adalah tempat yang bisa menjadi alternatif. PDII atau pusat dokumentasi ilmiah Indonesia memang menyediakan berbagai referensi ilmiah hasil dari penelitian-penelitian yang pernah didokumentasikan. PDII merupakan salah satu bagian dari lembaga penelitian LIPI sebagai pusat berbagai penelitian dalam berbagai keilmuan di Indonesia.

Tentu saja, tidak hanya jurnal dan laporan penelitian saja yang menjadi koleksi dari perpustakaan PDII LIPI ini, namun juga berbagai buku referensi khususnya buku dari luar negeri juga bisa didapatkan di perpustakaan ini. sebagai bagian dari sebuah lembaga penelitian milik negara berskala nasional tentu memerlukan berbagai sumber referensi yang beragam dalam berbagai disiplin ilmu. semuanya bisa dicari di perpustakaan ini. namun tentu saja ada keterbatasan koleksi yang tersedia. hal ini mengingat perkembangan ilmu pengetahuan yang amat pesat. setidaknya koleksi yang ada bisa sedikit memberikan sarana dan bahan bagi penelitian yang sedang berlangsung.

sumber: pdii.lipi.go.id

Perpustakaan PDII LIPI terletak di dalam kompleks kantor pusat LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Jakarta, tepatnya di jalan Gatot Subroto.

Sebenarnya ada satu lagi perpustakaan umum yang bisa menjadi tempat untuk berburu bahan bacaan, yaitu perpustakaan yayasan Idayu. namun, perpustakaan ini telah ditutup. perpustakaan Idayu sendiri dulu pernah menempati gedung di jalan kwitang sebelahnya toko buku gunung agung. sempat pula pindah ke salah satu ruangan di toko buku walisongo yang letaknya juga di jalan kwitang senen jakarta pusat.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s