Yuk Mengenal Irman Gusman

Kali ini saya mau menulis tentang salah satu tokoh nasional yang saat ini menjabat sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah RI periode 2009-2014. Beliau adalah Irman Gusman yang kebetulan berasal dari Minang, tanah kelahiran istri saya. Kalo mengikuti berita, anda pasti tidak asing dengan nama itu.

Irman Gusman cukup sering muncul dalam berita di media-media seperti TV. Seperti yang kita tahu, semenjak 2009 tidak ada lagi MPR dan sebagai gantinya dibentuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD). DPD dibentuk dari perwakilan daerah-daerah dari seluruh Indonesia secara non-partisan alias tidak melalui partai politik dan independen.

Mengutip dari Wikipedia, Irman Gusman lahir di Kota Padang Panjang (kota yang dekat dengan Bukittinggi) pada tahun 1962 dari keluarga yang cukup terpandang. Ayahnya adalah Gusman Gaus yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Adapun ibunya bernama Janimar Kamili merupakan anak dari pedagang emas yang cukup sukses. Pendidikan sarjananya diselesaikan di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia tahun 1985. Setahun kemudian beliau melanjutkan pendidikan ke tingkat master di Graduate School of Business, University of Bridgeport, Amerika Serikat dan mendapat gelar Master of Business Administration (MBA).

Tahun 1988, sepulangnya dari AS, Irman Gusman terjun ke dunia bisnis dengan membantu bisnis keluarga yang bergerak dalam bidang perkayuan. Salah satu usahanya yang perlu disebut di sini adalah ketika berhasil membangun Padang Industrial Park sebagai pusat industri dan bisnis di Kota Padang.

Bisa jadi karena kiprahnya yang cukup baik di Padang dan Sumatera Barat, Irman Gusman dipercaya menjadi anggota MPR sebagai utusan daerah mewakili Sumatera Barat untuk periode 1999-2004. Di sinilah kiprahnya dalam perpolitikan nasional dimulai. Kemudian pada Pemilu 2004, Irman Gusman terpilih sebagai anggota DPD RI mewakili Sumatera Barat dan menjadi Wakil Ketua DPD RI bersama Ginandjar Kartasasmita sebagai Ketua DPD RI periode pertama. Pada tahun 2009, Irman kembali terpilih sebagai anggota DPD RI mewakili Sumatera Barat dan terpilih sebagai Ketua DPD RI.

Beberapa penghargaan pernah didapat oleh Irman Gusman dari berbagai institusi di antaranya: bintang mahaputra adipradana dari pemerintah RI, pemimpin muda Indonesia oleh PKS, dan pemimpin muda potensial di parlemen oleh pemerintah Amerika Serikat.

Irman Gusman juga cukup aktif dalam organisasi. Beberapa kepengurusan organisasi yang sudah pernah dijalaninya diantaranya sebagai berikut.

• Bendahara Umum ICMI (2000-2005)
• Penasehat Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Muhamaddiyah Provinsi Sumatera Barat (2000-2005)
• Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI (2005-2010)
• Dewan Penyantun Universitas Andalas, Padang
• Dewan Penyantun Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Padang

Dan tepat di usianya yang ke-50 pada tahun 2012 yang lalu, Irman Gusman pun meluncurkan Buku Biografinya sebagai ekspresi dan pengalamannya selama berkiprah dalam kancah politik nasional. Salah satu pernyataannya yang disampaikan dalam pidato sambutan peluncuran bukunya tentang pentingnya menjaga keutuhan ‘Negeri Mukjizat’ Indonesia ini.

Mengutip tulisan di harian singgalang online, ‘Negeri Mukjizat’ adalah julukan untuk Indonesia yang didengar oleh Irman Gusman dari seorang diplomat senior asal Timur Tengah dalam suatu resepsi diplomatik pada 2000. Diplomat Arab itu berkali-kali bilang, ada satu suku bangsa beragama sama, bahasa yang sama, tapi terpecah-pecah, itulah suku bangsa Arab. Sebaliknya, ada satu bangsa dengan 17 ribu pulau, ratusan bahasa ibu, adat istiadat berbeda-beda, tapi justru bersatu, itulah Indonesia. Atas dasar itulah, Diplomat Arab itu menyebut Indonesia sebagai ‘Negeri Mujikzat’.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Irman_Gusman
http://hariansinggalang.co.id/otobiografi-jiwa-irman-gusman-untuk-indonesia/

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s