saat berhenti di Stasiun Cirebon

Naik Kereta Api (sebelum harga naik)

Pada Oktober 2014 lalu, saya berkesempatan naik kereta api tut .. tut … tut … hehe. Saya naik kereta Gaya Baru Selatan jurusan Jakarta kota-Surabaya Gubeng. Saya naik dari stasiun kota dan turun di stasiun Madiun untuk melanjutkan ke Ponorogo, karena tujuan saya memang ingin ke Ponorogo. Tiket kereta api Gaya Baru ini tergolong sangat murah, yaitu cuma Rp50.000,00 saja sodara-sodara (sebelum naik harga karena subsidi dicabut). Harga yang murah ini pun masih dapet diskon lagi bagi penumpang lanjut usia, menjadi hanya Rp44.000,00 saja. 

Dari stasiun Jakarta Kota kereta api berangkat pukul 10.00 dan sampai di stasiun Madiun sekitar jam 23.00, cukup cepat untuk perjalanan yang melewati 3 propinsi ini. Kereta Gaya Baru Selatan ini merupakan kereta ekonomi yang dilengkapi dengan AC. Saat perjalanan, masinis mengumumkan melalui pengeras suara untuk tidak merokok di atas kereta dan akan menurunkan penumpang yang ketahuan merokok di atas kereta. Masinis juga memberitahukan saat kereta akan berhenti di stasiun, khususnya di stasiun besar seperti Cirebon, Yogya, Solo dan Madiun.

Perjalanan dengan kereta api ini juga pertama kalinya buat saya dalam kurun waktu 12 tahun terakhir. Karena terakhir kali saya naik kereta yaitu pada 2002 dari Surabaya ke Jakarta naik kereta Gumarang melalui jalur utara. Saya merasakan adanya perbaikan dalam pelayanan kereta api saat ini dibanding dahulu. Jadwal kereta saat ini lebih tepat dan waktu perjalanan lebih cepat. Penumpang pun lebih tertib karena hanya penumpang yang memiliki tiket saja yang bisa naik sehingga sesuai dengan tempat duduk. tidak ada lagi penumpang yang membludak dan tidak mendapat tempat duduk. Saat ada penumpang yang turun, tempat duduk tetap akan terisi lagi oleh penumpang yang naik di stasiun itu atau stasiun berikutnya.

Berikut beberapa foto yang sempat saya ambil saat perjalanan dengan kereta api.

saat berhenti di Stasiun Cirebon
saat berhenti di Stasiun Cirebon
area merokok di Stasiun Cirebon
area merokok di Stasiun Cirebon
sore di Stasiun Purwokerto
sore di Stasiun Purwokerto
Stasiun Madiun, saat pulang ke Jakarta
Stasiun Madiun, saat pulang ke Jakarta
sisi lain Stasiun Madiun
sisi lain Stasiun Madiun
pintu keluar dan mushola Stasiun Madiun
pintu keluar dan mushola Stasiun Madiun
Stasiun Madiun, tempat menunggu kedatangan kereta
Stasiun Madiun, tempat menunggu kedatangan kereta

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s