Efek Positif Bersepeda (2)

sepeda03

Saat ini kira-kira sudah tiga bulan lebih semenjak saya mulai rutin gowes ke kantor. Ada beberapa efek positif yang saya rasakan semenjak melakukan aktivitas gowes ini. Mungkin ini sangat subjektif dan bisa saja berbeda tiap orang, tapi semoga saja bisa menjadi info yang menarik.

Sampai di Kantor Lebih Awal

Salah satu yang saya rasakan selama bersepeda adalah bisa sampai di kantor tepat waktu bahkan lebih pagi. Biasanya saya sengaja berangkat dengan spare waktu lebih banyak supaya pas sampai di kantor punya waktu untuk berganti baju lebih dahulu. Waktu di absensi selama bersepeda lebih banyak diisi 15 menit lebih awal dari waktu masuk kerja. Meskipun saya juga harus menggunakan waktu lebih untuk ganti baju. Tentu datang di awal waktu ini merupakan sesuatu yang positif buat saya.

Punya Alternatif Menu Sarapan

Dengan bersepeda (dibandingkan naik angkot), saya jadi punya kesempatan untuk mampir di warung/kios penjual sarapan atau makanan mana pun di sepanjang jalur bersepeda. Sepanjang jalur bersepeda saya tersedia berbagai tempat menjual sarapan antara lain: bubur ayam, lontong sayur, nasi kuning, gorengan, masakan padang, soto ayam, nasi uduk, dan lain-lain. selain itu saya juga bisa mampir di minimart untuk membeli keperluan lain seperti minuman ringan atau isi pulsa. Selain sarapan, saya juga bisa mampir untuk beli kue putu kesukaan saya saat pulang kerja.

tukang bubur ayam
tukang bubur ayam

Bisa Menikmati Suasana Selama Perjalanan

Salah satu efek positif bersepeda adalah saya bisa lebih menikmati dan merasakan suasana selama perjalanan berangkat atau pulang. Saat berangkat di pagi hari matahari mulai menampakkan diri dan udara pagi yang masih terasa membuat hati tenang. Saat sore saat pulang kerja juga waktu yang cocok buat gowes.

Namun kadang juga suasana bisa menjadi tidak tenang saat terjadi kemacetan di jalan. Pernah suatu hari saat sedang berlangsung perbaikan jalan, macet dan penumpukan kendaraan pun tak terhindarkan. Untunglah sepeda yang bersifat fleksibel tetap bisa melewati kemacetan itu atau dengan mengambil jalur alternatif gang kecil yang bisa menghindari kemacetan.

Fleksibel

Salah satu keuntungan bersepeda adalah memang sifat fleksibilitasnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan bersepeda memungkinkan saya lewat jalur alternatif saat jalur utama terjadi sesuatu yang tidak dinginkan seperti perbaikan jalan atau kemacetan. Dengan bersepeda juga saya bisa mampir untuk membeli berbagai keperluan.

penjual kue putu langganan
penjual kue putu langganan

Menjaga kesehatan

Kalo masalah kesehatan ini sepertinya sangat relatif dan subjektif. Saya sendiri merasakan efeknya khususnya saat musim hujan yang lalu, setidaknya saya dua kali hampir saja mendapatkan flu dan pilek. Hampir di sini memang karena saya tidak sampai jatuh sakit, melainkan hanya terkena gejalanya saja. Dua kali saya mengalami gejala flu yang tidak sampai membuat saya sakit. Saya tetap bisa melakukan aktivitas biasa, tetap pergi ke kantor dan tetap rutin futsal tiap jumat malam. Entah kondisi ini disebabkan dari aktivitas saya bersepeda atau tidak, yang pasti kondisi badan saya tetap fit bahkan saat intensitas hujan tinggi. Selain itu, saya juga memang sering minum madu dan beberapa minuman yang mengandung herbal untuk mengimbangi aktivitas saya.

Salah satu yang juga saya rasakan terkait dengan kondisi fisik, yaitu saya merasa lebih fit saat aktivitas futsal. Satu jam berlarian saat futsal menjadi terasa lebih ringan. Pergerakan pun menjadi lebih fleksibel dan tidak kaku.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

