Preview Singkat Pertandingan Arsenal vs Everton

sumber: arsenal.com
sumber: arsenal.com

Hari ini ahad 1 Maret 2015, Arsenal kembali akan bertanding di pekan ke-27 liga primer inggris menghadapi Everton di kandang sendiri Emirates Stadium. Pertandingan ini hanya berselang 3 hari setelah kekalahan menyakitkan kala berhadapan dengan AS Monaco pada ajang liga champions eropa fase 16 besar juga di Emirates Stadium. Tentu saja pertandingan ini penting dari segi psikologis dan strategis. 

Secara psikologis, Arsenal butuh kemenangan untuk memulihkan kondisi mentalnya yang sedang down akibat kekalahan dari AS Monaco yang lalu. Kondisi mental yang baik dan kondusif perlu terus dijaga oleh tim-tim yang sedang berkompetisi seperti Arsenal yang sedang berjuang untuk terus berada di posisi 4 besar liga primer Inggris. Kondisi mental juga sering disebut-sebut sebagai salah satu faktor penting untuk terus bisa bersaing di papan atas kompetisi liga-liga di Eropa. Selain untuk bisa bersaing untuk mendapatkan satu tempat di posisi 4 besar, Arsenal juga masih punya peluang di dua turnamen lain, yaitu piala FA dan liga champions Eropa. Kondisi mental yang baik dan kondusif perlu terus dijaga untuk tetap dapat bersaing di kedua turnamen tersebut.

Adapun secara strategis, kemenangan atas Everton bisa terus menjaga posisi Arsenal di posisi tiga besar klasemen sementara liga primer Inggris. Kehilangan poin akan sangat merugikan dan bisa membuat posisi Arsenal terkejar oleh tim lain seperti Liverpool yang hanya berselisih 3 angka dengan Arsenal. Liverpool sendiri juga akan menjalani laga kandang yang cukup berat melawan Manchester City di Anfield.

Peluang Arsenal untuk memenangkan pertandingan melawan Everton ini cukup besar, setidaknya jika melihat dua faktor. Pertama, Arsenal bermain di depan pendukungnya sendiri di Emirates Stadium. Dari 12 kali main di kandang sendiri musim ini, Arsenal hanya sekali kalah, 8 menang, dan 3 seri. Dari statistik ini, peluang Arsenal untuk menang sepertinya cukup terbuka lebar. Kedua, dengan melihat waktu istirahat Arsenal dan Everton setelah kedua tampil di kompetisi Eropa. Arsenal memiliki 3 hari waktu istirahat sedangkan Everton yang baru bermain hari kamis hanya punya waktu istirahat 2 hari (1 hari lebih sedikit). Tentu waktu istirahat yang lebih banyak bisa sedikit menguntungkan Arsenal saat bertanding melawan Everton.

Namun di sisi lain, kita perlu mempertimbangkan juga motivasi Everton yang sedang naik karena baru saja lolos ke fase 16 besar liga Europa. Faktor motivasi ini tentu bisa sedikit mempengaruhi semangat dan mental bertanding Everton. Meski kelelahan juga bisa saja melanda para pemain Everton.

Sementara jika kita melihat statistik pertandingan sebelumnya antara Arsenal dan Everton cukup berimbang. Dari empat pertandingan sebelumnya, Arsenal dan Everton masing-masing mengalami 1 kali menang, satu kali kalah, dan dua kali seri.

Pemain Arsenal yang akan turun bertanding sepertinya masih tidak banyak berubah dari susunan pemain saat melawan AS Monaco hari rabu lalu. Sedikit perubahan mungkin ada di sektor bek kanan yang kemungkinan besar akan ditempati oleh Calum Chambers dan juga Walcott yang akan tampil mendampingi Giroud dan Alexis Sanchez di depan.

Buat Arsenal pertandingan ini bisa jadi momen untuk bangkit dan mencapai hasil-hasil positif lagi dan juga untuk menunjukkan kepada fans bahwa mereka masih punya musim yang bisa diakhiri dengan cukup baik. Fans Arsenal masih tetap berharap Arsenal bisa meraih tropi yang musim lalu sudah dimulai dengan menjuarai piala FA.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s