Preview Pertandingan MU vs Arsenal 10 Maret 2015

sumber: Guardian
sumber: Guardian

Pada senin atau selasa dinihari 10 maret 2015 besok sudah terjadwal duel antara dua rival dalam sepakbola Inggris pada ajang Piala FA, yaitu antara Manchester United dan Arsenal. Pertandingannya akan dihelat di kandang MU stadion Old trafford pada senin 19.45 waktu setempat atau selasa dinihari 02.45 WIB. Duel ini merupakan salah satu duel di fase perempat final piala FA, yang juga merupakan ulangan laga pada fase yang sama tahun 2011 yang lalu.

Catatan dan Rekor

Laga antara dua tim tersukses pada ajang Piala FA Inggris ini memiliki beberapa catatan menarik. MU dan Arsenal tercatat sebagai dua tim yang paling banyak memenangkan Piala FA, yaitu masing-masing sebanyak 11 kali. Arsenal terakhir kali menjuarai Piala FA pada tahun lalu (2014) dan saat ini berstatus juara bertahan. Sementara MU terakhir kali menjuarai Piala FA pada tahun 2004 hampir 11 tahun lalu. Di bawah asuhan Arsene Wenger, Arsenal tercatat sudah 5 kali menjadi juara Piala FA. Sementara MU di bawah asuhan Sir Alex Ferguson sudah menjuarai Piala FA sebanyak 6 kali. Selama berseragam MU dan juga di tim sebelumnya, Wayne Rooney belum pernah sekalipun memenangi Piala FA. Dalam dua pertemuan sebelumnya di ajang Piala FA ini, yaitu pada tahun 2008 dan 2011, Arsenal selalu kalah dari MU.

Statistik mencatat bahwa dalam 4 tahun terakhir Arsenal selalu kesulitan saat berhadapan dengan MU terutama saat bermain di stadion Old Trafford. Terakhir kali Arsenal bisa menang melawan MU di Old Trafford adalah pada tahun 2006 (9 tahun yang lalu). Pertandingan ini juga sekaligus akan digunakan oleh Arsenal untuk mencoba mengakhiri catatan buruk tersebut.

Pentingnya Laga Ini

Buat kedua tim, Pertandingan perempat final Piala FA ini sendiri menjadi salah satu pertandingan penting yang akan berusaha sebisa mungkin untuk dapat dimenangkan. Ada beberapa alasan yang bisa memperkuat pendapat ini.

Pertama, ajang piala FA merupakan satu-satunya ajang yang paling memungkinkan untuk dimenangkan baik oleh MU maupun Arsenal. Piala FA ini adalah ajang dimana kedua tim punya peluang untuk mengakhiri musim dengan sebuah trofi. Baik MU maupun Arsenal bisa dibilang sudah sangat kecil peluangnya untuk menjuarai liga primer Inggris. Poin kedua tim dengan pimpinan klasemen sementara liga primer inggris, yaitu Chelsea, terpaut cukup jauh. Poin ini dianggap sangat sulit untuk bisa menyamai perolehan poin Chelsea yang musim ini tampil bagus di liga primer Inggris. Jadi, meraih titel Piala FA merupakan target yang paling realistis untuk dicapai oleh kedua tim sekaligus menjadi hadiah manis buat para pendukungnya.

Bagi Arsenal, laga Piala FA ini juga merupakan ajang untuk mempertahankan trofi yang diraihnya musim lalu. Ini akan menjadi motivasi tersendiri buat tim asuhan Arsene Wenger. Peluang untuk meraih trofi juga masih tersedia buat Arsenal di kompetisi Liga Champions Eropa. Namun, kekalahan dari AS Monaco di Emirates Stadium membuat peluang untuk terus melaju di kompetisi ini mengecil. Peluang Arsenal di Piala FA ini bisa dibilang lebih besar daripada peluang di Liga Champions.

Kedua, rivalitas antara dua tim ini akan menghadirkan nuansa persaingan tersendiri yang akan mewarnai pertandingan ini. Tim yang memenangkan pertandingan ini akan berpeluang untuk menjadi tim peraih titel juara Piala FA terbanyak. Semenjak liga primer bergulir, pertemuan antara MU dan Arsenal memang selalu menghadirkan rivalitas dan gengsi. Rivalitas ini makin terasa yang juga melibatkan dua figur dari kedua tim, yaitu Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger. Dua figur ini dianggap sebagai manajer terbaik di liga inggris (sebelum datangnya Mourinho) dan selalu menghadirkan persaingan yang tajam. Rivalitas dan gengsi antara dua tim ini membuat pertandingan nanti akan menjadi pertandingan penting yang wajib dimenangkan oleh kedua tim.

Ketiga, ini lebih kepada faktor psikologis dari kedua tim. Posisi MU dan Arsenal di klasemen sementara juga akan sedikit mempengaruhi laga nanti. Kedua tim saat ini juga sedang bersaing ketat di liga primer Inggris untuk bisa finis di posisi empat besar. Posisi kedua tim di klasemen sementara hanya berselisih satu poin saja. Kemenangan atau kekalahan dari sang rival pada laga nanti tentu akan sedikit mempengaruhi peluang mereka dalam perburuan posisi empat besar. Kemenangan di laga perempat final Piala FA nanti akan sedikit memperkuat mental tim dalam menjalani ketatnya persaingan meraih posisi empat besar. Terlebih persaingan ini juga melibatkan kedua tim. Jadi, kemenangan di laga ini akan memperkuat mental yang bisa mempengaruhi perburuan posisi empat besar liga primer Inggris.

Pendekatan Wenger di Piala FA

Arsene Wenger selama ini dikenal sebagai manajer yang kurang memprioritaskan Piala FA sebagai sebuah trofi yang perlu diraih. Setelah memenangkan trofi Piala FA tahun 2005, Arsene Wenger memang kerap kali menjadikan ajang Piala FA (dan juga piala liga atau capital one cup/dulu bernama carling cup) sebagai ajang untuk memainkan pemain-pemain mudanya. Atas pendekatannya yang demikian, Wenger kerap mendapat kritik tajam dari pengamat dan fans. Namun, Wenger punya alasan sendiri atas pendekatannya ini. Ketatnya jadwal dan persaingan untuk mencapai posisi empat besar, kerap dijadikan alasan Wenger untuk mempercayakan pertandingan Piala FA atau piala liga kepada pemain-pemain mudanya. Selain itu juga, pendekatan seperti ini dianggap Wenger dapat memberikan pengalaman bertanding kepada pemain-pemain mudanya di level yang lebih tinggi.

Namun, pendekatan seperti ini tampaknya sudah mulai ditinggalkan pada musim lalu. Hal ini ditandai dengan suksesnya Arsenal meraih kembali trofi Piala FA musim lalu 2014 yang juga sebagai raihan trofi pertama setelah sempat puasa gelar selama 9 tahun. Musim 2014 lalu, Arsenal tampil menjadi juara Piala FA yang pada prosesnya menyingkirkan tim-tim elit seperti Totenham Hotspurs, Liverpool, dan Everton.

Taktik dan Pemain

Arsene Wenger tampaknya akan menghadapi laga melawan MU nanti dengan serius. Meski akan merotasi beberapa pemainnya, namun trio pemain depan akan tetap dipercayakan kepada Ozil, Giroud, dan Alexis. Permainan ketiga pemain ini belakangan ini memang sedang membaik dan sepertinya akan kembali diandalkan untuk menghadapi pertahanan MU. Wenger juga memiliki banyak pilihan di lini tengah, pemain yang tampil akan disesuaikan dengan kesiapan fisik dan taktik yang akan diterapkan. Szczesny tampaknya akan tampil di bawah mistar gawang, namun sejatinya saya lebih memilih Ospina yang tetap menjaga gawang Arsenal. Khusus untuk pertandingan penting melawan MU ini, Ospina menurut saya lebih cocok untuk tampil karena Ospina belum pernah punya pengalaman “buruk” dibanding Szczesny saat berhadapan dengan MU.

Meskipun sulit dan berat, Arsenal punya peluang untuk memenangkan pertandingan ini. Pendekatan yang bisa dilakukan adalah dengan menahan pemain sayap MU yang cepat seperti Antonio Valencia untuk mengekspos sisi sayap pertahanan Arsenal. Juga dengan menahan pemain MU untuk melakukan tendangan jarak jauh. Pemain MU seperti Wayne Rooney, Di Maria, Van Persie, dan Juan Mata memang memiliki kemampuan dalam melakukan tendangan jarak jauh. Meski demikian MU tetap punya keunggulan dalam statistik dan posisinya sebagai tuan rumah.

Catatan:

Duel antara MU dan Arsenal ini juga akan menjadi rivalitas terselubung antara saya sebagai fans Arsenal dan anak sulung saya Firdaus sebagai fansboy MU. Meski saya sebagai fans Arsenal saya tetap menghormati dan mempersilakan anak saya untuk memilih tim favoritnya sendiri.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s