Hasil Positif Arsenal di Hari Pi

sumber: arsenal.com
sumber: arsenal.com

Sebuah hasil positif kembali diraih Arsenal pada hari sabtu 14 Maret 2015 saat berlaga pada pekan ke-29 Liga Primer Inggris. Menghadapi sesama tim dari kota London West Ham United di Emirates Stadium, Arsenal menang dengan skor meyakinkan 3-0. Hasil ini mengokohkan posisi Arsenal di peringkat ketiga klasemen sementara sekaligus mendekati perolehan nilai Manchester City di peringkat kedua menjadi tinggal berselisih satu angka saja.

Hasil positif ini ternyata juga diikuti dengan kabar gembira lain (buat Arsenal) di mana dua jam kemudian Manchester City kalah saat bertandang ke markas Burnley. Ini berarti dengan jumlah pertandingan yang sama sebanyak 29 kali, kedua tim hanya berselisih satu poin. Persaingan kedua tim, Manchester City dan Arsenal, pun menjadi semakin ketat dalam perebutan posisi runner-up di klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Kemenangan ini juga menjadi kemenangan ke-8 Arsenal secara berturut-turut di kandang yaitu Emirates Stadium. Ini menjadi sebuah rekor sendiri di mana catatan ini pertama kalinya diraih selama satu dekade terakhir atau 10 tahun.

Hasil positif ini tentu saja disambut dengan gembira dan Antusias oleh manajer Arsenal Arsene Wenger yang belakangan ini banyak mendapat kritik tajam atas performa Arsenal yang tidak konsisten pada awal tahun 2015. Kemenangan ini sekaligus juga menjadi modal berharga dan tambahan motivasi untuk menghadapi pertandingan superpenting tengah pekan (17 Maret 2015) pada laga penentuan fase 16 besar liga champions melawan AS Monaco.

Beberapa Catatan

My job is to give people who work hard all week something to enjoy on Saturdays and Wednesdays.

Wenger

Kemenangan Arsenal saat melawan West Ham United memang layak disambut gembira oleh seluruh fans. Hal ini juga dikarenakan kemenangan ini diraih dengan amat cemerlang. Penampilan Arsenal saat melawan West Ham kemarin memang boleh dibilang atraktif dan tipikal permainan khas Arsenal.  West Ham yang dari awal mencoba bermain rapat di belakang dan mengandalkan serangan balik, akhirnya bisa ditembus lewat aliran umpan satu-dua pemain-pemain Arsenal. Ketiga gol Arsenal lahir dari umpan-umpan pendek Arsenal yang mengalir ke kotak penalti West Ham dan diselesaikan dengan baik oleh tiga pencetak gol.

Penampilan atraktif dan cepat melalui umpan-umpan pendek memang menjadi salah satu ciri khas Arsenal semenjak ditangani oleh Arsene Wenger. Banyak pengamat menyebut Arsene Wenger menganut filosofi permainan sepak bola menyerang yang indah. Pendapat banyak pengamat ini setidaknya mendapatkan pembenaran dari Wenger sendiri yang pernah mengatakan bahwa “My job is to give people who work hard all week something to enjoy on Saturdays and Wednesdays.”

Pendapat Wenger tersebut sedikit menyingkap bagaimana filosofi dan pendekatan Wenger terhadap cara bermain Arsenal. Hasilnya memang tampak dari penampilan Arsenal yang atraktif dan sangat enak untuk dinikmati. Wenger memang tidak hanya ingin Arsenal bermain bola saja tapi juga menampilkan permainan indah yang menghibur.

Tapi memang, cara bermain Arsenal ini tidak selalu tampak di setiap permainan Arsenal. Apalagi Arsenal belakangan dituntut untuk lebih efisien dalam bermain yang berarti mementingkan hasil berupa kemenangan. Status tanpa gelar selama 9 tahun menjadi alasan banyak pihak untuk menekan Arsenal untuk lebih pragmatis dalam bermain dan tidak hanya lebih menampilkan permainan yang indah saja.

Modal berharga dan tambahan motivasi

Every win makes you stronger and increases the confidence and belief of the team.

Wenger

Seperti kata Wenger sebelum pertandingan melawan West Ham ini, “Every win makes you stronger and increases the confidence and belief of the team.” Setiap kemenangan membuat Arsenal lebih kuat (secara mental) dan meningkatkan kepercayaan diri dan keyakinan tim. Maka, kemenangan Arsenal atas West Ham ini bisa meningkatkan percaya diri dan kekuatan mental seluruh tim. Dalam sebuah kompetisi yang ketat, faktor ini memang sangat penting dan bisa mempengaruhi daya saing tim.

Sebuah tantangan besar sudah menanti Arsenal di depan mata. Tim tangguh AS Monaco sudah menanti kedatangan Arsenal pada Babak 16 besar Liga Champions Eropa. Pertandingan yang wajib dimenangkan oleh Arsenal dalam usahanya untuk bisa terus bertahan di kompetisi Eropa. Arsenal butuh sedikit keajaiban untuk bisa lolos karena bermain di kandang lawan dan punya defisit dua gol serta gol tandang dari lawannya, AS Monaco. Kekalahan  1-3 di Emirates Stadium membuat Arsenal butuh 3 gol untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Ini tentu sebuah tugas yang sulit sekaligus tantangan besar yang musti bisa dilewati.

Peluang Arsenal untuk menang dengan 3 gol memang berat tapi bukan berarti tidak bisa diraih. Dan, Arsenal sebelumnya pernah mengalami situasi yang hampir sama. Pada 2013 lalu di ajang yang sama, Arsenal hampir saja bisa membalikkan keadaan saat melawan Bayern Munchen di kandang Bayern. Setelah kalah 1-3 di kandang, Arsenal kemudian bisa unggul 2-0 saat tandang ke Bayern. Namun sayang, kemenangan 2-0 ini tidak cukup untuk meloloskan Arsenal karena Arsenal masih kalah produktivitas gol tandang meski kedudukan imbang 3-3. Tapi, setidaknya ini bisa jadi pelajaran dan bukti bahwa peluang akan selalu terbuka jika usaha keras terus dilakukan.

Arsene Wenger sendiri punya keyakinan bahwa di mana pun sebuah tim bermain, pada dasarnya mereka bermain di lapangan dan rumput yang sama. Keyakinan ini yang dikatakan Wenger sebelum pertandingan Piala FA melawan MU dan akhirnya berbuah kemenangan. Pendekatan seperti inilah yang perlu terus dijaga oleh Arsenal. Terbukti Arsenal juga bermain dengan tanpa rasa takut di Old Trafford tempo hari dan pulang dengan membawa kemenangan sekaligus mengakhiri kutukan Old Trafford.

Catatan Kecil

Hari sabtu tanggal 14 Maret 2015 kemarin juga ditandai sebagai sebuah hari yang cukup istimewa oleh masyarakat dunia. Tanggal 14 Maret dikenal sebagai Hari pi (π) atau Pi Day (π Day) yang merujuk pada bilangan istimewa dalam matematika dikenal dengan sebutan π = 3,14. Dalam bahasa Inggris tanggal dituliskan dengan Maret atau March 14, atau 3,14. Dan tahun ini, Hari Pi juga menjadi lebih istimewa karena jika ditambahkan angka 15 dari tahun 2015, maka menjadi 3,1415 yang menunjukkan nilai π dalam 4 digit di belakang koma.

Kemenangan Arsenal yang dilakukan dengan cara yang amat bergaya (stylist) pada hari yang dikenal sebagai Hari Pi tentu merupakan sebuah sensasi yang teramat manis untuk dilewatkan dan dirayakan.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

One thought on “Hasil Positif Arsenal di Hari Pi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s