Salah satu penampilan Pak Bambang Trim saat memberikan pelatihan

Mengikuti Pelatihan Editing Naskah

Dua hari ini, senin-selasa 16-17 Maret 2015, saya mengikuti acara Pelatihan Editing Naskah yang diadakan oleh penerbit tempat saya bekerja. Pengisi pelatihan ini adalah salah satu pakar dalam penerbitan, perbukuan, dan penulisan yaitu Bapak Bambang Trimansyah atau biasa dikenal sebagai Bambang Trim. Acara pelatihan ini bertujuan memberikan pembekalan wawasan dan pengetahuan tentang seluk beluk editing dan pembukuan bagi editor.

Tiap peserta mendapatkan diktat
Tiap peserta mendapatkan diktat

Selama saya menjadi editor buku, pelatihan editing ini baru pertama kali saya ikuti. Kebetulan pelatihan ini diisi oleh pembicara yang sudah sangat berpengalaman dalam dunia perbukuan, editing, dan tulis-menulis. Reputasi pembicara, yaitu Pak Bambang Trim, memang sudah sangat terkenal dalam dunia perbukuan. Apalagi beliau saat ini juga memegang amanah di Ikapi, sebuah wadah berkumpulnya para penerbit buku di Indonesia. Tentu saja acara ini merupakan kesempatan berharga buat saya karena bisa bertemu dan menimba ilmu langsung dari pakar perbukuan dan editing buku.

Berbagai masalah perbukuan, editing, dan penulisan dibahas dalam pelatihan ini. Pengetahuan dan wawasan baru tentang perbukuan dan editing pun saya peroleh dalam pelatihan ini. Meskipun sudah lama berkecimpung dalam dunia buku dan editor, ternyata masih banyak pengetahuan yang baru saya ketahui melalui pelatihan ini. Fakta ini juga menyadarkan saya bahwa dunia perbukuan itu luas dan masih terus berkembang. Hal ini juga membuka wawasan saya bahwa setiap profesi akan terus berkembang sesuai perkembangan jaman.

Berbagai masalah perbukuan dan editing dibahas dengan lugas oleh Bapak Bambang Trim. Pembahasan ini juga menjadi lebih aktual dengan menyajikan berbagai studi kasus yang kerap dialami oleh beliau. Pengalaman beliau membuat pembahasan tentang editing dan perbukuan ini menjadi lebih menarik dan sesuai dengan realitas di lapangan. Selain itu, kami juga diajak untuk langsung mempraktikkan beberapa keterampilan editing dan penulisan buku. Hal ini memberikan pengalaman berharga kepada saya (khususnya) dan peserta lain.

Selain pelatihan editing, Pak Bambang Trim juga memberikan motivasi kepada peserta untuk tidak hanya puas menjadi editor. Beliau mengajak dan memotivasi kami untuk bisa membuat juga buku hasil karya kami sendiri. Dengan membuat buku sendiri, kami sebagai editor akan menjadi lebih punya power saat berhadapan dengan penulis. Komunikasi antara editor dan penulis memang sering menjadi kendala dalam proses editing dan pembuatan buku. Dengan editor yang punya power, penulis bisa lebih bisa dikompromikan. Dengan demikian, proses penyelesaian buku menjadi lebih mudah, lancar, dan cepat.

Salah satu penampilan Pak Bambang Trim saat memberikan pelatihan
Salah satu penampilan Pak Bambang Trim saat memberikan pelatihan

Melalui tulisan ini saya ingin berterima kasih kepada Pak Bambang Trim yang sudah memberikan trik-trik, kiat-kiat, dan berbagai wawasan serta pengetahuan tentang perbukuan, editing naskah, dan penulisan. Tak lupa saya juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan saya yang sudah berupaya menyelenggarakan pelatihan ini.

Kesempatan menimba pengetahuan dari Pak Bambang Trim ini adalah kesempatan yang kedua kalinya buat saya. Sebelumnya saya pernah mengikuti acara bedah buku beliau di Toko Buku Gramedia Depok pada 2011 lalu.

Bapak Bambang Trim bisa disapa via facebook dan twitter. Tulisan-tulisan dan pemikiran beliau bisa dibaca di situs pribadi beliau: manistebu.com.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

