Niche Market dan Bulan Puasa

Dalam marketing (pemasaran) dikenal istilah niche market yg didefinisikan pasar untuk produk yg diminati kalangan tertentu saja. niche market memang tidak besar tapi pasarnya selalu ada. beberapa produsen bisa mengambil keuntungan dari niche market ini.

Contoh niche market ini di antaranya pasar barang2 mewah seperti Mobil mewah (Porsche, Ferrari, dll), jam tangan dan perhiasan mewah, peralatan golf, makanan mahal yg punya citarasa khas, dll.

Kebanyakan orang mengira produk2 yg sengaja dibuat untuk memenuhi niche market ini ga mungkin ada pembelinya (ngga ada pasarnya) tapi kenyataannya produsen pembuat produk tersebut tetap berproduksi (dan tidak bangkrut).

Niche market inilah mungkin yg dimanfaatkan oleh para penjual makanan (warung makan) yg memutuskan tetap buka pada siang hari pd bulan puasa.

Meski sebagian besar konsumen sdg puasa (ngga beli makanan) pd siang hari, tetap ada sedikit konsumen yg butuh warung makan (dgn berbagai alasan, spt wanita yg berhalangan, non muslim yg tdk puasa, dll). inilah niche market dan ada yg mencoba memanfaatkan ini untuk mengambil keuntungan.

Ditambah lagi sebagian besar warung makan lain tutup krn menganggap pasarnya terlalu kecil. jadi, produsen yg memanfaatkan niche market terbantu oleh pesaing yg sedikit.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s