img_20160904_123017_2.jpg

Minangkabau (5): Danau Maninjau

Ini masih rangkaian tur 4 hari di ranah minang. Kali ini saya berkesempatan berkunjung ke Danau Maninjau yang masuk dalam wilayah tanah datar bukittinggi pada hari ke-3 dari 4 hari yang kami rencanakan berada di sumbar. 

Kami ke pergi Maninjau dengan Mobil sewaan dari tempat menginap di jopang payakumbuh. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 2 jam, untuk sampai ke spot wisata ambun pagi sebelum turun ke maninjau melalui jalur yang dikenal sebagai kelok 44.

Dari spot wisata ambun pagi ini kita bisa melihat keindahan Danau Maninjau dari ketinggian. Ambun Pagi ini letaknya tepat sebelum masuk jalur kelok 44.

Dari spot wisata Ambun Pagi kami naik ke atas ke arah puncak lawang. Sebelum puncak lawang ada spot wisata lain bernama Ambun Tanai. Dari sini Danau Maninjau juga bisa dilihat dari ketinggian. Kami mampir sebentar untuk mengambil beberapa foto.

Dari Ambun Tanai ini kami turun lagi untuk lanjut ke Danau Maninjau melalui kelok 44. Puncak lawang, msh 5 km lagi, bisa jadi alternatif lain untuk melihat keindahan Danau Maninjau dari ketinggian. Kali ini kami memutuskan lanjut turun tanpa ke puncak lawang.

Spot wisata di tepi Danau Maninjau masih cukup jauh dari sini. Waktu 1,5 jam masih harus ditempuh. Kami perlu melalui turunan bertikungan tajam berjumlah 44 tikungan yang dikenal sebagai kelok 44. Setelah melalui kelok 44 pun kami masih perlu menyusuri jalan di tepi Danau Maninjau. Dan sampailah kami di spot wisata di tepi Danau Maninjau itu.

Untuk mengisi perut yang lapar kami mampir di salah satu tempat makan di pinggiran Danau Maninjau. Panorama Danau Maninjau bisa dinikmati dari tempat ini.

Dari Danau Maninjau kami pulang melalui jalur yang melewati Ngarai Sianok di bukittinggi.

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s