img_20161015_160808-1024x731.jpg

(Hampir sampai) ke Gunung Pancar

Ceritanya saya lagi pengen nyari jalur (track) bersepeda yang lebih menantang nih. Karena sudah lumayan (bukan lumanyun ya …) bosen n jenuh dengan track yang datar-datar dan itu-itu aja.

Cerita saya mulai bersepeda sejak Nov 2014, hampir 2 tahun yang lalu dari sekarang, bisa baca di sini dan di sini.

Selama mulai aktif gowes alias bersepeda, wilayah sekitar depok sudah saya jelajahi seperti cibinong, tapos, kalisari, citayam, setu babakan, dll.

Saya pun coba googling tempat dan jalur track bersepeda di sekitaran jabotabek. Dan saya menemukan satu nama yang sangat familiar: sentul

Saya cuma bisa ngelus dada dan nepuk kepala … Plakk .. Eh. Kenapa baru kepikiran sekarang ya? Sentul selain sangat familiar juga ga begitu jauh dari depok (tempat tinggal saya).

Saya coba googling lagi pengalaman orang-orang yang pernah bersepeda ke daerah sentul. Dan ternyata banyak juga tulisan dan cerita tentang ini. 

Sekali lagi saya nepuk kepala lagi … Kepluokk … Lho. Kali ini selain berasa bodoh, saya berasa semangat yang menggelora untuk segera melaksanakan aktivitas gowes ini.

Selain googling pengalaman orang lain, saya coba buka Google map untuk meraba-raba (jangan ngeres ya!) dan memperkirakan jarak tempuhnya. Kesimpulannya, sangat terjangkau dan sepertinya menarik n menantang.

Daerah yang bisa dieksplorasi di wilayah sentul cukup banyak. Sebagai awalan, saya memilih Gunung Pancar menjadi tujuan gowes ini. Jaraknya sekitar 30an km berdasarkan Google map.

Kesempatan untuk gowes ke gunung pancar sentul pun datang hari minggu awal oktober lalu.

Ini pun tidak direncanakan, karena awalnya saya hanya pengen gowes ringan saja ke arah cibinong. Saat di perjalanan ke cibinong itulah saya kepikiran kenapa ngga nyoba ke gunung pancar aja sekalian ya.

Saya pun akhirnya memutuskan lanjut ke sentul dan kalo sempat dan kuat lanjut ke gunung pancar.

Berbekal peta Google, saya mengarahkan sepeda ke arah gunung pancar. Jalurnya rumah (jln raden saleh) ke arah jln Abdul ghani ke cikaret keluar jln raya Bogor cibinong trus belok di jln alternatif sentul ke arah sirkuit sentul lanjut ke arah babakan madang terus ke arah gunung pancar.

Sampailah saya di pintu masuk jungleland sentul. Sampai sini saya mulai agak ragu, apakah akan terus lanjut ke gunung pancar.

Saya berhenti di tempat dengan view cukup bagus dengan latar belakang bukit dan mengambil beberapa foto.

Dari sini saya memutuskan tidak lanjut ke gunung pancar (padahal udah dekat lagi sampai .. Duh sayang). Saya pikir cukup perjalanan untuk hari itu.

Pada arah pulang ini saya menyalakan aplikasi tracking endomondo.

Saat saya buka Google map ternyata sebenarnya saya sudah amat dekat dengan gunung pancar. Pla … Eh ga jadi nepok kepala lagi deng, bisa-bisa saya dapet piring atw gelas nanti … Hehe 

gubrakk

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

