Analogi Konspirasi

​Ada analogi seperti ini:

Pada suatu petang menjelang malam, laron menyerbu suatu kampung. Karena tidak ingin rumahnya dipenuhi laron, biasanya tiap rumah mematikan lampu di rumahnya sehingga gelap menyelimuti kampung itu. 

Rupanya ada orang yg coba memanfaatkan keadaan gelap ini untuk mencuri beberapa barang yg berserakan atau tidak disimpan dengan rapi di sekitar rumah. Kebetulan ada sebuah rumah yg di halaman rumahnya banyak berserakan sepatu dan sandal bagus yg mungkin lupa disimpan oleh pemilik rumah. 

Dalam keadaan gelap, pencuri tadi pun bebas mengambil beberapa sendal dan sepatu bagus tadi tanpa ketahuan oleh penduduk kampung.

Menanggapi kejadian kemalingan ini ada dua reaksi yg ditunjukkan oleh penduduk kampung: 

(1) sebagian orang menuduh ada orang (pencuri tadi) yg sengaja membuat atau berupaya mendatangkan laron (bagaimana pun caranya) supaya orang-orang kampung mematikan lampu sehingga pencuri tadi menjadi bebas melakukan aksi pencuriannya. sebut saja ada teori konspirasi yg dibuat sbg alasan terjadinya kemalingan; 

(2) sebagian yg lain berpendapat datangnya laron sebagai fenomena alami dan sangat sulit buat orang melakukan usaha untuk mendatangkan laron. Dan pencuri tadi hanya memanfaatkan gelapnya kampung dan kelengahan (kelalaian) penghuni rumah dalam menjaga properti atau barang-barangnya. Tentu saja barang-barang bagus yg berserakan di halaman dapat menimbulkan kesempatan orang untuk mencuri barang-barang itu. 

Seperti kata bang napi, “kejahatan terjadi krn ada niat dan kesempatan.” 

Jadi, pencuri itu melakukan kejahatan dgn memanfaatkan adanya kesempatan yg timbul krn kelalaian penghuni rumah.

Terkadang kita (apa??? Kita??? Lu aja kelezzz) begitu mudahnya menuduh org telah berbuat jahat kpd kita tanpa introspeksi kpd diri sendiri. Bahwa kita sendiri yg membuka peluang terjadinya kejahatan tsb.

Apakah konspirasi itu benar adanya dan bagaimana membuktikannya?

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s