Gang Israel

Secara umum, umat Islam dan orang Indonesia memiliki sikap bermusuhan terhadap Israel. Sikap ini timbul dari Israel yang dianggap menduduki tanah/wilayah palestina secara ilegal. Israel dianggap sebagai penjajah dan teroris sekaligus menyingkirkan dan bahkan memusnahkan palestina sebagai pemilik tanah yang lebih berhak menguasai wilayah palestina.

Ogut memperkirakan 70% orang Indonesia, apapun agamanya, tidak mengakui Israel sebagai negara yang sah sekaligus mendukung palestina.

Jadi, kita tentu tidak mengharapkan dan membayangkan ada sekelompok orang Indonesia yang berani mengidentifikasi atau mengasosiasikan dirinya dengan Israel yang tidak populer (bahkan sangat dibenci) itu.

Namun, hal sebaliknya justru terjadi di suatu daerah dekat tempat tinggal ogut waktu kecil. Sekelompok orang di wilayah (atau lebih tepatnya gang) dekat tempat tinggal ogut ini, justru terang-terangan menyebut kelompoknya dengan nama Israel.

Ini emang terjadi sudah lama sekali, saat ogut masih kecil tepatnya saat masih SD dulu. Saat itu gang Israel lumayan ditakuti di wilayah tempat ogut tinggal. Ketika nama Israel disebut, kengerian bakal langsung terbayang di benak orang sekitar situ.

Tentu mengasosiasikan diri dengan istilah yang mempunyai kesan buruk bagi mayoritas masyarakat, berisiko tinggi pula dijauhi dan ikut dibenci oleh masyarakat tersebut. Tetapi sepertinya hal ini tidak menghalangi mereka untuk menggunakan nama Israel itu.

Ogut sendiri yang dasarnya saat masih kecil dulu emang penakut, selalu was was saat melalui gang yang dikenal sebagai wilayah Israel. Kesan sebagai sebuah gang yang ditakuti selalu membayang saat melewati wilayah Israel.

Oiya ngemeng2 tentang masa kecil, ogut jadi teringat saat harus menyebrang kereta krl yang sedang mangkal/ngetem di peron stasiun melalui sambungan kereta ketika lewat stasiun Depok lama. Emang cuma angkot doang yang bisa ngetem, kereta juga bisa (jaman dulu tapinya lho hehe).

Oke kembali ke laptop eh ke gang Israel, ogut pikir istilah tersebut sudah tidak populer lagi setelah sekian tahun dan berhubung informasi yang sudah berkembang tentang bagaimana buruknya istilah Israel tersebut.

Namun ternyata istilah Israel masih dikenal meskipun tidak seseram dulu. Nama Israel ini bisa jadi hanya sebagai pengingat bahwa dulu pernah dipakai sebagai identitas walaupun tidak ada hubungannya dengan nama Israel yang dikenal sebagai negara yang menduduki wilayah palestina secara ilegal.

Pagi tadi, ogut lewat jalan dan wilayah yang dulu dikenal sebagai gang Israel. Dan ogut menemukan nama Israel terpampang di sana dalam bentuk grafiti.

Pertanyaan iseng pun melintas di pikiran: kalo FBI eh FPI tau daerah ini, apakah akan disweeping dan dibubarkan karena tidak sesuai dengan Islam?

Advertisements

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s