Observatorium Bosscha

Pada hari minggu ku turut ayah ke kota eh kok malah nyanyik sich 😁

Ini cerita pengalaman ogut berkunjung ke observatorium Bosscha di Lembang Bandung. Kami pergi ke Bandung sebenarnya dalam rangka menghadiri undangan resepsi pernikahan salah satu rekan kantor di Bandung. Berhubung sudah ada di Bandung kami sekalian mampir ke Bosscha sebelum pulang.

Padahal ke kondangannya cuma kurang lebih satu jam tapi mampir jalan-jalannya justru hampir seharian plus menginap pula 😂 jadi lamaan jalan-jalannya ketimbang kondangannya hehe.

Di observatorium Bosscha tentu saja yang dilihat adalah hal-hal yang berhubungan dengan astronomi. Observatorium Bosscha sendiri sebenarnya bukan tempat wisata yang bisa dikunjungi setiap saat. Tempat ini pada dasarnya adalah tempat untuk melakukan pengamatan benda-benda langit dan berada di bawah naungan dept astronomi itb. Ini sama dengan laboratorium untuk pengamatan astronomi.

Bangunan utama di kompleks ini berupa bangunan yang berisi teleskop Zeiss atau teropong bintang yang berukuran besar. Teleskop bintang ini juga merupakan teleskop terbesar di Asia tenggara.

Saat kami berkunjung ada instruktur yang menjelaskan tentang berbagai hal dari sejarah Bosscha, aktivitas di Bosscha, sampai teropong bintangnya.

Sayangnya saya tidak sempat dan tidak kepikiran untuk berfoto bersama mas nya hehe. Terima kasih buat mas instruktur ya yang sudah menjelaskan panjang lebar kepada para pengunjung. Semoga beliau baca tulisan ini hehe. 

Selain bangunan yang berisi teropong raksasa, tempat lain yang bisa dikunjungi adalah ruang multimedia di mana di ruang ini pengunjung dapat melihat pemutaran film tentang astronomi dengan dipandu oleh instruktur tentunya.

Alhamdulillah bisa sampai ke tempat ini ….

Oiya untuk masuk ke observatorium Bosscha ini kita dikenakan biaya Rp15000,00.

Baca juga cerita tentang Lembang yang lain berikut ini:

Kampung gajah

Da Ranch

Advertisements

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s