​Cara Baru Menikmati Musik

Bagaimana selama ini kita menikmati musik? Apakah dengan mendownload file musik yang kebanyakan ilegal dari situs-situs tidak resmi di internet? Apakah ada cara lain menikmati musik secara legal tanpa melalui cara ilegal (yang berarti pula melakukan pembajakan atau pelanggaran hak cipta)?

Selama ini kita mungkin biasa mendengarkan musik via komputer atau ponsel dengan memainkan/memutar file musik (format mp3) menggunakan pemutar musik (software). File musik kita peroleh dengan membeli CD/DVD atau membeli secara online atau download di internet (secara ilegal).

Cara seperti ini membutuhkan ruang penyimpanan file musik yang kadang menyita banyak memori. Padahal kapasitas memori (khususnya ponsel) terbatas. Belum lagi masalah legalitas dari file-file musik yang didownload tersebut. Ini menimbulkan sebuah masalah.

Hadirnya teknologi jaringan data 3G dan 4G yang memungkinkan transmisi data besar dan cepat, melahirkan layanan pemutaran musik tak terbatas secara online melalui internet. Ini merupakan cara baru menikmati musik (audio).

Dengan cara baru ini, kita tidak harus mendownload file musik melainkan hanya memainkan/memutar musik itu secara online atau dikenal dengan cara streaming. Streaming musik dimungkinkan dengan adanya jaringan data cepat via jaringan 3G dan 4G.

Streaming musik ini cocok sekali dijalankan menggunakan ponsel karena kapasitas penyimpanan (memori) yang terbatas dan sifat fleksibilitasnya.

Cara menikmati musik dengan streaming di ponsel inilah yang saat ini ogut pakai. Setidaknya ada dua alasan ogut menggunakan layanan ini, (1) legalitas dan (2) fleksibilitas.

Secara legalitas, ogut bisa menikmati musik tanpa perlu khawatir melakukan pembajakan akibat mendapatkan file musik secara ilegal. Lagu-lagu yang ada di layanan musik online itu legal dan resmi yang bebas/boleh dipakai/didengarkan dengan seizin pemilik atau penyanyinya.

Secara fleksibilitas, ogut tidak perlu menyediakan memori yang besar untuk menyimpan file musik yang membutuhkan ruang penyimpanan besar padahal kapasitas memori di ponsel terbatas.

Namun demikian, cara streaming seperti ini juga memiliki beberapa kelemahan. Pertama, menggunakan kuota internet. Kedua, sulit dilakukan di daerah yang jaringan internetnya tidak stabil karena layanan ini amat bergantung pada koneksi internet.

Ogut sepertinya bakal kesulitan menggunakan layanan musik online ini ketika mudik ke kampung istri ogut di payakumbuh sumatera barat karena jaringan internet di sana yang tidak stabil, sebagaimana yang ogut rasakan saat mudik.

Baca juga: Jopang Manganti

Ogut juga sepertinya bakal sedikit merelakan tergerusnya kuota internet akibat menggunakan layanan musik online ini via smartphone. Salah satu solusi adalah dengan membeli paket internet khusus musik yang kebetulan disediakan oleh operator. Kebetulan ogut pake operator telkomsel yang menyediakan paket musik.

Layanan penyedia dan pemutar musik yang ogut tau dan saat ini ogut pake ada 2 yaitu joox dan Spotify. Kedua layanan ini tersedia di desktop komputer dan ponsel. Di ponsel kita bisa instal via Google play. Di desktop kita bisa buka di browser atau download software pemutar musiknya yang tersedia.

Di atas adalah tampilan dari joox.

Advertisements

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s