Terorisme atau Pengangguran, Mana yang lebih Mengkhawatirkan?

Media, baik cetak, online, maupun TV, kerap kali dihiasi dengan berita tentang penangkapan dan aktivitas terkait terorisme. Kejadiannya bisa terjadi di dalam negeri ataupun luar negeri. Bener ga sih?

Berita terkait terorisme yang masih hangat adalah adanya penembakan di Paris di tengah suasana umum prancis yang sedang menjalani proses demokrasi berupa pemilihan presiden (lihat beritanya di BBC Indonesia). 

Di dalam negeri, isu terorisme sendiri selalu disangkutpautkan dengan politik. Aktivitas terkait terorisme sering diasumsikan sebagai pengalihan isu atas peristiwa politik lain atau terkait dengan keluarnya kebijakan pemerintah yang tidak populer. 

Berbagai peristiwa penangkapan terduga teroris yang kerap menghiasi headline di media-media serta eksisnya lembaga negara khusus terkait terorisme semisal densus 88 dan BNPT (Badan nasional penanggulangan terorisme) memunculkan asumsi/anggapan bahwa pemerintah memiliki kekhawatiran dan ketakutan (yang menurut sebagian kalangan terlalu berlebihan atau lebay) terhadap terorisme.

Pantaskah dan perlukah pemerintah ataupun kita, dan juga masyarakat secara umum, memiliki kekhawatiran terhadap terorisme dibandingkan sektor lain?

Terkait pertanyaan ini, ada baiknya kita meninjau dan memperhatikan hasil survei tentang apa yang menjadi kekhawatiran penduduk dunia.

Berdasarkan survei global yang dilakukan lembaga Ipsos pada November 2016 yang dimuat di situs databoks katadata, pengangguran serta kemiskinan dan kesenjangan sosial menempati dua posisi teratas dari kekhawatiran yang akan menimpa mereka dengan persentase 38% dan 34%. Hasil surveinya bisa dilihat pada grafik di bawah ini.

Grafik: Survei Berbagai Kekhawatiran Warga di Dunia pada November 2016

Survei Berbagai Kekhawatiran Warga di Dunia pada November 2016

Berdasarkan survei tersebut, terorisme hanya berada di posisi ke-6 dengan persentase 19%.

Dari hasil survei ini bisa dikatakan bahwa penduduk dunia lebih mengkhawatirkan pengangguran, kemiskinan, dan kesenjangan sosial ketimbang terorisme.

Hal ini boleh dibilang wajar karena ketiga hal tersebut memang merupakan sumber dari berbagai masalah sosial lain seperti kriminalitas dan keamanan. Bahkan menteri sosial mengatakan bahwa terorisme sendiri berakar dan bersumber dari kemiskinan dan kesenjangan sosial

Teks agama Islam pun menempatkan kemiskinan sebagai masalah penting yang dapat mengeluarkan dari keimanan. 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

كَادَ الْفَقْرُ أَنْ يَكُوْنَ كُفْرًا وَ كَادَ الْحَسَدُ أَنْ يَسْبِقَ الْقَدَرَ

“Hampir-hampir saja kefakiran akan menjadi kekufuran dan hampir saja hasad mendahului takdir.” (Didhaifkan oleh Syaikh Al-Albani dan lainnya)

Jadi, tidak salah jika kita mesti lebih memperhatikan masalah pengangguran, kemiskinan, dan kesenjangan sosial ini.

Peran pemerintah baik pusat maupun daerah sangat diharapkan dalam pemecahan masalah pengangguran, kemiskinan, dan kesenjangan sosial ini. Peran lembaga kemasyarakatan non pemerintah juga diharapkan untuk mengurangi beban pemerintah.

Jika pemerintah sampai membentuk lembaga khusus untuk menanggulangi terorisme, tentu usaha yang sama dan bahkan seharusnya lebih besar perlu juga dilakukan dalam penanggulangan masalah pengangguran, kemiskinan, dan kesenjangan sosial.

Jika pemerintah bersedia mengucurkan dana berlimpah untuk menanggulangi terorisme (dalam bentuk persenjataan, pelatihan, operational, dll), tentu dana yang sama dan bahkan seharusnya lebih besar perlu juga dilakukan dalam penanggulangan masalah pengangguran, kemiskinan, dan kesenjangan sosial.

Hal ini demi mewujudkan sila kelima pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Catatan: hasil survei memang bukan sebuah kebenaran mutlak tetapi bisa jadi ukuran untuk menilai dalam pengambilan keputusan. Misalnya, hasil pemilu/pilkada tidak menjadikan pemenang pemilu/pilkada sebagai pihak yang paling baik tetapi menggambarkan pemenang pemilu/pilkada sebagai pihak yang paling diinginkan oleh pemilih.

Advertisements

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s