Dampak (Positif) Transfer Bonucci ke Milan

Sejenak kita lupakan lagi perbedaan pandangan politik yang berpotensi memecah belah persatuan untuk sedikit melonggarkan urat syaraf.

(Ngga cape apa setiap waktu bersitegang dan mencaci maki lawan politik di media sosial…)

(Udah gitu, diperingatkan supaya menggunakan media sosial secara bijak ngga mau. Giliran media sosial nya mau ditutup eh malah protes πŸ˜€πŸ˜¬πŸ˜)

Kali ini masih tentang Bonucci …

​Transfer Leonardo Bonucci dari Juventus ke klub rival AC Milan akan segera terwujud. 

Hanya tinggal tes medis yang perlu dilalui oleh Bonucci untuk melengkapi proses kepindahannya ke Milan.

Bonucci bersama Fassone di markas Milan

Kepindahan Bonucci ini, seperti dikatakan banyak pengamat, akan membawa dampak (positif) bagi Milan dan juga sepakbola Italia secara umum.

Leonardo Bonucci merupakan salah satu bek terbaik di Italia dan bahkan Eropa. Dia merupakan salah satu pilar kokoh di barisan belakang Juventus dan Italia dalam 6 tahun belakangan.

Kesuksesan Juventus mendominasi Serie A Italia selama 6 tahun terakhir diyakini juga salah satunya ditopang oleh penampilan apik Bonucci di sektor belakang.

Kehilangan Bonucci di lini belakang tentu akan berdampak cukup signifikan buat Juventus. Namun, langkah antisipasi akan kehilangan ini tentu juga sudah dipertimbangkan secara matang oleh Juventus dan Allegri.

Bagi Milan, kedatangan Bonucci tentu akan menambah kekuatan dan motivasi dalam upaya mengembalikan kejayaan Milan sebagai salah satu klub elit di Italia dan Eropa.

Pengalaman dan mental pemenang yang ada dalam diri Bonucci diharapkan bisa membawa kebaikan dan kesuksesan buat Milan.

Kedatangan Bonucci (dan rombongan pemain anyar Milan lainnya) juga bisa membuka dan mengawali era baru Milan  yang ditopang dengan dukungan finansial dari pemilik baru yang berasal dari China atau Tiongkok.

Milan mulai memperlihatkan lagi ambisinya untuk menyaingi sekaligus mematahkan dominasi Juventus selama 6 tahun terakhir.

Milan pulalah yang terakhir kali mampu menjadi juara Serie A Italia (2011) sebelum Juventus memulai dominasinya sejak 2012 sampai kini.

Sementara bagi sepakbola Italia, kepindahan Bonucci ini bisa menghidupkan kembali persaingan untuk menjadi juara Serie A yang selama 6 tahun terakhir sulit lepas dari Juventus.

Peluang untuk meraih gelar juara Serie A akan kembali terbuka dan lebih merata ke tim-tim lainnya. 

Meski Juventus masih diprediksi memiliki peluang terbesar untuk mempertahankan gelar juara, peluang tim-tim lain untuk merebut gelar dari Juventus menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Keseruan dan daya tarik Serie A (yang selama ini sedikit hilang akibat kurang kompetitifnya Serie A) akan meningkat seiring dengan meningkatnya persaingan dan kompetisi di antara tim-tim Serie A.

Peningkatan kompetisi bisa meningkatkan pula daya saing tim-tim Italia di Eropa. Nostalgia atas dominasi tim-tim Italia di Eropa bisa kembali terulang. 

Fakta ini tentu merupakan sesuatu yang positif khususnya bagi penikmat dan fans Serie A. Meskipun demikian, kenyataan ini tentu bisa menjadi sebuah kemunduran buat fans Juventus yang dominasinya bakal terancam oleh tim lain.

Peran pelatih tentu menjadi kuntji. Antisipasi dan respon Allegri untuk mempertahankan dominasi Juventus dan racikan Montella terhadap pemain-pemain baru Milan akan menjadi faktor penentu.

Patut disimak pada musim depan, apakah Juventus tetap bisa mempertahankan dominasinya atau Milan dengan pemain-pemain barunya yang bakal mendobrak hegemoni Juventus.

Advertisements

Published by

mas_bay

Everything happen for a reason. Life with a purpose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s