Masuknya Islam ke Indonesia (sebuah teori sotoy)

Kali ini ogut mau coba mengajukan teori (yang sotoy n koplak) tentang bagaimana Islam bisa menyebar di nusantara. Dijamin teori ini belum pernah ada sebelumnya (ya iya lah mana ada orang normal dan cerdas yang berani mengajukan teori sotoy n koplak… Ya cuma buang-buang waktu mereka aja lah wkwk)

Continue reading Masuknya Islam ke Indonesia (sebuah teori sotoy)

Observatorium Bosscha

Pada hari minggu ku turut ayah ke kota eh kok malah nyanyik sich 😁

Ini cerita pengalaman ogut berkunjung ke observatorium Bosscha di Lembang Bandung. Kami pergi ke Bandung sebenarnya dalam rangka menghadiri undangan resepsi pernikahan salah satu rekan kantor di Bandung. Berhubung sudah ada di Bandung kami sekalian mampir ke Bosscha sebelum pulang.

Continue reading Observatorium Bosscha

Jadi ada yang lebih cepat dari cahaya?

Temuan tim riset OPERA yang mengatakan telah mendapatkan partikel neutrino yang lebih cepat dari cahaya menjadi perbincangan hangat di kalangan ahli fisika dewasa ini.

Temuan faster-than-light neutrino sempat menimbulkan kehebohan dalam dunia fisika internasional. Temuan ini dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia secara maya hanya beberapa jam saja setelah dipublikasikan di media. Di era teknologi informasi seperti sekarang informasi memang bisa tersebar dengan cepat melalui berbagai media yang ada seperti situs majalah online dan social media seperti twitter.

Continue reading Jadi ada yang lebih cepat dari cahaya?

Anomali

Anomali …

Ngga tau kenapa tiba-tiba kata ini muncul dan memenuhi pikiran gw kemarin. Entah darimana pemicunya, tiba-tiba segala sesuatu yang berkaitan dengan istilah anomali muncul di pikiran gw secara spontan. Istilah anomali sendiri merupakan istilah fisika untuk menyatakan suatu penyimpangan kecil dari hukum atau teori yang berlaku. Istilah anomali ini selanjutnya juga digunakan dalam bidang lain tidak terbatas dalam fisika saja.

Continue reading Anomali